Rabu, 06 September 2017

Kupas Tuntas K-drama "The Bride Of The Water God (Ha Baek)"


Annyeong.. 

Akhirnyaaa..  saya rampung nonton drama yang hanya 16 episode ini..hehehe..  dan hasilnya cukup puas. 

Drama ini katanya di adaptasi dari komik yang berjudul sama..  tapi ternyata, isi nya cukup jauh berbeda.
Entah lah saya ga tau apa bagus komik nya atau malah drama nya yang lebih seru. 
Jangan suruh saya ngebandingin.. karena baca komik butuh perjuangan..hahaha (ga pernah bisa baca komik.. pusing) 


***

Oke,  lanjut ke inti ceritanya.. 
Drama ini menceritakan seorang dewa Air yang akan diangkat menjadi raja, bernama Ha Baek. 


Ha Baek memang dilahirkan untuk dijadikan sebagai raja Dewa Air, dan sebelum diangkat menjadi Raja dia harus mengumpulkan ketiga batu suci untuk menetralkan sungai selatan yang sudah memerah airnya. (Whatever lah..)

Batu-batu tersebut ada di dunia manusia.  Dan akhirnya turunlah dia ke dunia manusia. Disana dia ditemani oleh Dewa kecil sebagai pelayan nya bernama Nam So Ri.

Saat turun ke Bumi,  koordinat yang digunakan untuk mencari batu tersebut menghilang dan tepat sekali dia jatuh kepelukan seorang perempuan cantik  bernama Yoon So Ah


Yoon So Ah merupakan seorang dokter psikiater yang terlilit hutang. 
Dia ingin sekali menjual tanah leluhurnya untuk pergi dan tinggal ke Vanuatu, meninggalkan negara yang di benci nya yaitu Korea. Tapi, kenyataannya tidak jadi dia jual,  karena tanah itu merupakan perantara dunia dewa dan manusia..  dan dia pun ternyata merupakan seorang pelayan dewa,  turun temurun dari keluarganya karena nenek moyang nya terdahulu telah melakukan sebuah perjanjian dengan dewa.


Shin Ho Ye merupakan pengusaha sekaligus pemilik Resort di Korea.  Dia sangat kaya di usia muda, dan berniat untuk membeli tanah leluhur Yoon So Ah untuk dijadikan tempat resort baru. 

Tetapi kemunculannya menimbulkan masalah baru untuk kisah Ha Baek dan Yoon So Ah. 
Dan terkuak lah bahwa dia bukan manusia biasa,  melainkan manusia setengah Dewa. 

Menurut dunia dewata Korea, seorang Halfie sangat berbahaya dan jahat sehingga harus diasingkan.
Makanya,  Ho Ye selalu mengingat pengalaman buruknya saat diasingkan selama ribuan tahun di dalam gua oleh ayahnya yang merupakan seorang Dewa. Kelahirannya yang merupakan setengah manusia bagi Dewa merupakan So Ci atau Aib. 


Bi Ryeom merupakan dewa langit yang tinggal di Bumi untuk bersenang-senang.  Dia di bumi menyamar sebagai Ahn Bin dan tinggal di apartemen termewah di Korea. 

Saat itu Batu Suci di pegang olehnya dan juga Moo Ra.  Tapi karena mereka berdua bertengkar,  maka salah satu batu itu hilang. Kemungkinan hilang nya batu tersebut diambil oleh Joo Dong,  saat dia membantu melerai perkelahian Moo Ra dan Bi Ryeom. 

Apapun yang dia lakukan benar2 selalu membuat orang disekeliling kesal.
Terlebih begitu menggangu kehidupan Ho Ye. Bagi nya Ho Ye tidak boleh hidup bahagia. 
Ternyata,  di balik itu semua terdapat kisah yang tragis antara Shin Ho Ye,  Bi Ryeom dan Ha Baek. 


Moo Ra merupakan Dewi Air yang sangat cantik. Dia tinggal di bumi bersama Bi Ryeom untuk bersenang-senang menikmati kehidupan manusia. Di bumi dia menjadi seorang selebrities yang cukup terkenal bernama Hye Ra. Sifatnya sedikit sombong,  narsis dan menganggap kalau manusia itu bodoh dan rendah.  (Ga suka banget liat Kristal Jung disini..)

Tetapi dia sangat menghindari perkelahian Dan sangat berhati2. 
Hal yang membuat nya cemburu adalah kebersamaan Habaek dan So Ah. Sehingga dia meminta kerjasama nya pada Shin Ho Ye untuk memisahkan mereka.



Walaupun ceritanya berbeda dengan versi komiknya, dan banyak juga yang mengkritik mengenai alur ceritanya tapi saya cukup terhibur. Apalagi drama ini ditambah unsur komedi nya yang cukup kriuk dan romantisnya yang bikin geli-geli kucing ngeliatnya..hehehe.. 



Banyak juga yang mengkritik pedas mengenai akting Nam Joo Hyuk sebagai dewa..  Banyak yang bilang ga cocok. 
Menurutku sih emang aga2 kurang cocok,  Joo Hyuk terlalu imut.. Kalo Lee Min Ho atau Ji Chang Wook rasanya lebih pas. 

Yang bikin saya kecewa apa sih? 
Kecewaaaa banget,  yang katanya bakal ada Kang Ha Neul, tapi manaaaa?  Saya pantengin dari awal episode sampe akhir ga nemu2 dia.. Aahh..  Media udah boong. Saya di PHP-in.. Hiks

Trus, kehebatan drama ini apa?  
Hhmm...  mungkin drama ini di dukung oleh konten Korea... iklan nya banyak banget.. yang saya perhatiin dimulai dari si Handphone biru metalik Samsung S8+ yang bikin saya ngiler pengen punya.. trus mobil Hyundai,  Hollys Coffee, Etude,  iklan minuman yang saya ga tau namanya (jadi minuman kesukaannya Habaek), taxi silver.. (lupa juga nama taxi nya) dan terakhir maskeran yang di pake Bi Ryeom di episode akhir. Mantap Jiwa.. 

Drama ini juga bikin saya salah fokus sama baju2 yang di pake para pemain.  Khususnya sama Moo Ra dan Shin Ja Ya..  sumpah lucu2 banget..

Oh iya,  tambah lagi scene2 apik nya yang saya suka. Angle dan tampilan setiap gambar nya pas..ga asal2an kayak sinetron indonesia. 














Drama ini juga banyak yang bisa kita ambil hikmah nya, hikmah tentang arti keikhlasan dan menerima kenyataan. 
Saya suka dengan sosok Shin Ho Ye yang walaupun dia terlahir sebagai seorang Halfie dan begitu di benci oleh Bi Ryeom tapi tidak ada sedikitpun untuk berbalas dendam. 




Menurutku kejahatan nya terdahulu bukan lah merupakan suatu kejahatan.  Dia melakukannya karena tidak sengaja, hanya semata-mata untuk melindungi dirinya dan Nak Bin yang kala itu diasingkan. Saat itu pun dia masih sangat kecil dan belum bisa mengendalikan kekuatannya. 
Diapun pasrah dan akhirnya menerima dengan ikhlas saat melihat kenyataan Yoon So Ah yang lebih memilih Habaek disampingnya. (Padahal dia kurang apa coba? Kalo saya jadi So Ah,  mending milih si Halfie lah). 

Nama2 dewa disini merupakan nama Dewa kepercayaan Bangsa Korea..  jadi mungkin berbeda dengan dewa-dewa Yunani. 
Habaek mungkin serupa Poseidon,  yang merupakan dewa Laut..  ato malah dia itu Zeus..?   Hhmm entah lah.. 
Kalo Ho Ye,  setengah manusia dan setengah dewa ngingetin saya sama Hercules ..hahaa
Yaaahh itu beda cerita yaa..? 

Kalo di drama ini,  saya ga setuju Yoon So Ah sama si Habaek.. Habaek emang dewa sih di alamnya.. tapi kalo di bumi dia mah MOKONDO, mending sama Shin Ho Ye ajah.. jelas Masa depan cerah..





Okey,  its just drama,  jadi jangan dimasukin ati.. hahaha

Saya kasih nilai 8/10 satisfaction.. Mmuuaacch






4 komentar:

  1. Aku suka bgt lho sama drama ini. Smp thn 2020 jg masih aku lihat. Episode 12 akhir dan awal episido 13 tuh scene favorit akuu. Dan satu lagi soundtrack nya keren2. Dan pas bgt penempatan soundtrack sama adegannya.. haha segitu sukanya aku sm drama ini

    BalasHapus
  2. Nih, di episode2 trakhir memang romance nya membutakan. Soalnya #NAMSHIN memang sungguhan saling cinta, mreka abis2 an nangis itu beneran buat mencurahkan isi hati mreka karena dramanya mo abis waktu itu, dibalut dialog. Makanya kita dapet feel nya.
    Tapi kalau kita sudah "sadar" dari penuangan "jiwa" #namshin, bakal tau kok. Alur plot dramanya "gaje, kacau, monoton,meracau, dan banyak menyisakan lobang yang bisa didebat abiss" masak si habaek soah isinya pacaraaan mulu. Andai cerita dibikin lebih seru dengan perebutan tahta, atau konflik alam dewanya , bakal lebih membuat kuat karakter. Ini adegan2 nya mengingatkan drama "full house" nya Song Hye Kyoo. Pulang-makan, pulang-makan, kisses everywhere 💋. Monoton banget.....dan tokoh2 yg sbenernya ngga perlu ada, yg malah wasting waktu untuk plot yang bisa dibikin lebih buagus. Sayaang banget. Sayang manhwa nya yang cuma dipinjem "judul" dan nama2 dewanya. Ngga masalah mo cuma bgitu, tapi kalau mau basah, basah skalian lah. Jangan tanggung. Padahal CGI nya manteb, riasan dewanya , wogh, bener2 bikin gila, NJH sampe jadi ravishing. Tapi balik lagi, plotnya ....ampun. jengkel gitu lo, what a waste. Si penulis ulang drama nya gimana si ? Pihak produksinya gimana si. Itu jaih2 je India lo shootingnya. Ampun....what a waste.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benerrrr aku jg mikir gitu, walo khibur bgt sm visual namjo, klo dipikir karajter habaek dsni mlah kbanting bgtt sm krakter si depyo Shin. Habaek ga bs apa apa, ga py kekuatan, ga tajir, wkwkwk....kyak kurang wibawa pdhal dia calon raja. Malah menang polos doang dia dsni krakternya

      Hapus

10 Idol Kpop yang Sukses Jadi Aktor Versi Tuan Puteri

Selama ini drama korea makin digilai dimana-mana, khususnya oleh kaum hawa.  Faktor utama yang menjadi magnet mengapa kita suka drama terseb...