Jumat, 08 September 2017

Kupas Tuntas K-drama "Sungkyunkwan Scandal"



Annyeong..

Dramanya udah lama sih, dan jujur aja saya juga udah lama nonton drama ini, tapi ga ada salahnya kan sekedar mereview sekaligus mendokumentasikan ceritanya yang menurutku rada unik. hehe.

Sekedar Info, Sungkyunkwan merupakan sebuah universitas yang terkemuka di Korea. (Mungkin kalo di Indonesia kayak Unpad ato UGM gitu kali ya.. )
Dari Jaman Dinasti Joseon,  ternyata Sungkyunkwan udah ada dan menjadi tempat sekolah para anak bangsawan untuk dijadikannya politikus handal.
Orang yang mengenyam pendidikan dari Sungkyunkwan akan menjadi orang yang berpengaruh,  dan biasanya mahasiswa Sungkyunkawan selalu didengar dan menjadi prioritas raja. 

Sungkyunkwan Scandal ini merupakan kisah fiksi mengambil setting di jaman dinasti Joseon pada masa pemerintahan Raja Jeongjo.

Sekedar Informasi juga ni, Raja Jeongjo merupakan raja ke 22 kerajaan Joseon yang paling berpengaruh. Dia dikenal sebagai raja yang bijaksana dan banyak melakukan reformasi. 


(Jadi out of topic gini yaa ^o^)

Tapi beneran,  nanti menyangkut Raja Jeongjo juga ceritanya.. hahaha (ngeles) 

Untuk pemainnya dijamin bikin mata melek.  
Ganteng-ganteng parah.
Ditambah ada Park Min Young yang cantiknya udah kayak boneka.

Okey, mari kita simak sekilas sinopsisnya ^o^

Sejak kecil Kim Yoon Hee (Park Min Young) tertarik untuk belajar dan mendalami ilmu konfisius,  sehingga dia berbeda dengan gadis lain seusianya. 



Setelah kematian ayahnya,  sang adik yang bernama Kim Yoon Shik tak berdaya dan mengalami sakit-sakitan. Maka Yoon Hee lah yang mencari nafkah untuk membiayai keluarganya. Yoon Hee bekerja sebagai penerjemah dan penulis disalah satu Toko Buku. Terkadang dia pun tak jarang membuatkan PR atau tugas anak-anak Sungkyunkwan. Tetapi dia bekerja tidak menggunakan identitasnya,  melainkan memakai identitas adiknya. Karena dijaman tersebut,  wanita tidak diperbolehkan untuk bekerja. 

Dengan pekerjaannya tersebut, mengantarkan dia bertemu dengan Lee Sun Joon anak seorang menteri kerajaan yang terkenal idealis dan memegang teguh prinsipnya. 



Lee Sun Joon (Park Yoo Chun) merupakan seorang putra Menteri Kerajaan. Dia sosok yang idealis,  punya prinsip dan mempertahankan pendapatnya yang dianggapnya benar. 

Suatu ketika dia bertemu dengan Kim Yoon Hee yang sedang menyamar menjadi Kim Yoon Shik.
Yoon Hee melakukan kesalahan, dia salah sasaran dalam memberikan kertas contekan. Yang seharusnya memberikan contekan kepada orang lain, tetapi malah memberikan contekan tersebut kepada  Sun Joon.
Sun Joon yang mengalami kejadian tersebut sangat kesal dan melaporkannya ke Pengawas. Untungnya Yoon He segera pergi.
Sebelum pergi, Yoon He menuliskan contekan di baju Sun Joon sehingga Sun Joon menjadi bahan tertawaan orang-orang yang melihatnya.


Tetapi hal itu tidak membuat Sun Joon kesal berlama-lama. Dia dengan bijaknya malah memikirkan alangkah bagusnya jika Yoon He ikut serta dalam mengikuti Ujian masuk Sungkyunkwan sebagai dirinya sendiri.
Dengan segala upaya dan perangkap Sun Joon, akhirnya Yoon He terjebak mengikuti ujian Sungkyunkwan dengan nama adiknya Kim Yoon Sik.

Di Sungkyunkwan dia harus tahan dengan keisengan seniornya Gu Yong Ha (Song Jong Ki). Terlebih dia harus berhubungan dengan teman sekamarnya yang aneh Moon Jae Shin (Yoo Ah In). Tapi itu tidak seberapa jika dibandingkan dengan masalah yang selalu ditimbulkan oleh ketua BEM kampusnya Ha In So yang dengan terpampang nyata sangat membenci Yoon He dan Sun Joon.
Diapun setiap harinya harus berpenampilan layaknya seorang laki-laki agar penyamarannya tidak diketahui.

Lama-lama kebersamaan Yoon He dan Sun Joon menimbulkan benih-benih cinta pada keduanya, dan itu menjadi kekhawatiran Sun Joon karena menganggap dirinya lelaki tidak normal.


Begitupun Moon Jaa Sin. Dia sebetulnya menyadari kalau Yoon He seorang perempuan, dan dia pun memendam perasaan layaknya cinta seorang lelaki yang diam-diam menyukai lawan jenisnya.


Berbeda dengan Gu Yong Ha, yang dari awal sudah curiga bahwa Yoon He seorang perempuan, tetapi di keep nya rahasia itu karena ketidakyakinannya. (kagak ada barang bukti yang menjelaskan kalo Yoon He cewe kali yaa).

Mereka berempat, akhirnya menjadi kompak satu sama lain dan membentuk "Jalgeum Quartet" yang selanjutnya membantu Raja Jeongjo mencari kotak misteri yang selama ini disembunyikan di dalam Istana Sungkyunkwan.



Well, seperti itulah kira2 ringkas ceritanya.
Saya pribadi awalnya tertarik nonton drama ini karena Song Joong Ki Oppa dan saya pikir dia yang jadi peran utama disini. 
Tapi, walapun hanya jadi peran pemanis saja, rasanya cukup puas dengan penampilan dan aktingnya yang menurutku luas biasa.
Peran dia yang flamboyan dan doyan Flirting alias Playboy cukup bisa membuat histeris pecinta drama korea, khususnya para Ahjuma dan noona-noona seperti saya.



Dan drama ini adalah pertama kalinya saya liat akting Park Yoo Chun dan Yoo Ah in.
Okey, saya komen Yoo Chun dulu yaa...
Terus terang begitu nonton drama ini, dan tersadar bahwa Lead Male nya dia. Saya pengen sekali berhenti nonton drama ini. 
Tapi niat itu diurungkan karena ternyata alur drama ini lah yang mendorong saya untuk terus nonton.
Lama kelamaan, mulai terbiasa dengan sosok Yoo Chun.
Dan ternyata, akting dia bagus. Chemistry yang dibangun bersama Park Min Young bisa bikin saya baper dan bahkan jadinya ngeship mereka untuk menjadi pasangan nyata. (ngefans sih engga yaa...)



Anyway soal Yoo Ah In, saya yakin karakter dia disini sebagai Second Lead Male banyak meraih simpati.
Dengan wajah gantengnya yang menurutku mengalahkan si peran utama, Akting Yoo Ah In patut diacungi jempol. Karakternya yang dingin, misterius tapi ngegemesin mampu buat kaum hawa histeris. Dia disini bak super hero yang siaga melindungi wanita yang dicintainya. Walau pada akhirnya dia harus menerima kenyataan cintanya bertepuk sebelah tangan (come to me Ah In-Shii).



Sementara itu dengan drama ini mengantarkan Park Min Young menjadi aktris terbaik. Aktingya disini patut dikasih dua jempol (empat deh sama jempol kaki).
Dia berhasil memvisualisasikan karakter Yoon He yang ceria, cerdas serta pantang menyerah.


Okey saya jelasin yaa kenapa drama ini harus ada dalam daftar list yang harus ditonton (penting bagi pecinta drama korea yang newbie-newbie)

Ini adalah drama debutnya Yoo Chun sebagai aktor.

seperti yang kalian tahu atau pun yang baru tahu, kalau Yoo Chun itu ternyata seorang idol jebolan TVXQ  (tapi udah keluar, trus bikin grup baru namanya JYJ).
dan ini kali pertamanya dia jadi aktor. 
Keren ya, pertama main drama langsung jadi pemeran utama. Aktingnya juga bagus, ga salah kalo dia banyak tawaran main drama setelah drama ini kelar.

Sayangnya, saat ini Yoo Chun kudu hiatus dari dunia selebritis, pasalnya dia terlibat kasus pelecehan seksual yang mengharuskan dia menghilang dari dunia hiburan.


Bromance ala Song Joong Ki dan Yoo Ah In yang sweet dan bikin salah fokus




Kalian wajib tau deh kalo saya itu penggemar drama yang ada bromance - bromance nya gituh.

dan ini drama saeguk dengan bromance paling manis.
saya suka dengan Gu Yong Ha yang begitu memperhatikan sahabatnya Moon Jae Shin. Dia tau siapa itu Moon Jae Shin tetapi ga ember mulutnya, padahal dia tu disini terkenal pecicilan dan selalu up to date dalam menyampaikan segala informasi.

Info juga kalo ternyata setelah drama ini Yoo Ah In jadi deket banget sama Song Joong Ki. Dan Ah In juga merupakan sahabat dekat nya Song Hye Kyo Oenni, isteri dari Jong Ki Oppa.


Selain alasan 2 hal diatas, cerita drama ini juga segar dan ga bikin tegang. Banyak adegan-adegan yang lucu dan bikin gregetan.

Cerita mengenai persahabatan merekapun bisa membuat setiap orang envy saking liat mereka begitu kompak, padahal mereka dari status sosial yang berbeda-beda.
Penulis drama ini keren punya deh. Selain itu semua, terselip filosofi-filosofi konfisius, ajaran-ajaran barat dan bahkan pepatah islam yang disampaikan Raja.



Well, rasanya ga bakalan cukup ngebahas drama ini. Tapi kita cukupkan sajah okeh. haha.

Intinya, saya suka drama romantis yang kayak gini. Ga pake lebay dan unsur komedinya juga ga berlebihan.

Oiya, satu lagi yang saya suka dari drama ini, Soundtrack lagu-lagunya yang enak didengar.
Dan salah satu lagu yang paling saya suka adalah yang dinyanyiin Yoo Chun CS, alias JYJ - Found You



I give 9/10
Very Satisfaction ^.^


"Jangan menundukan kepala kepada siapapun, Jangan berlutut bagi siapapun.
Itu akan menjadi kebiasaan.
Setelah menjadi kebiasaan, akan sulit untuk memperbaikinya".
-Moon Jae Shin-

Annyeong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

10 Idol Kpop yang Sukses Jadi Aktor Versi Tuan Puteri

Selama ini drama korea makin digilai dimana-mana, khususnya oleh kaum hawa.  Faktor utama yang menjadi magnet mengapa kita suka drama terseb...