Minggu, 22 Oktober 2017

Kupas Tuntas K-drama "Hwarang : The Poet Warrior Youth"


Annyeong..

Akhirnya saya meluangkan waktu untuk mereview drama Hwarang..#Whuaaaaaaa.. (terenyuh)

Walopun banyak yang ga suka dengan drama ini dan menuai kritikan pedas, tapi sepertinya berlebihan kalau dibilang drama ini gagal. Saya rasa banyak drama yang jauh lebih pantas untuk mendapat kritikan.

Apa karena Hwarang tayang setelah Scarlet Heart Ryeo?

Jadi dua drama ini selalu di banding-banding kan, dan jelas Hwarang kalah pamor.
Wajar juga sih jika membanding-bandingkan, dilihat dari genre dan setting cerita, dua drama ini mempunyai setting cerita yang sama dan berjejer Flowers Boys alias cowo-cowo ganteng.
I think,  for all story memang Scarlet Heart Ryeo jauh lebih baik dan chemistry pemeran utamanya dapet banget.. 
Hwarang kurang disitu ajah sih..
Tapi berhubung sebelum nonton Scarlet, saya nonton drama Hwarang dulu, jadi tingkat kekecewaan pada Hwarang biasa-biasa ajah.
Apalagi, di Hwarang ada Park Seo Joon (gak nyambung sih).


Drama Hwarang ini bertema Saeguk Romantis. Kisah Fiksi bersetting 1.500 tahun lalu di jaman Kerajaan Silla pada masa Raja Jinheung.

Menurut sejarah, Raja Jinheung adalah raja Silla ke-24 dan diangkat menjadi raja saat usia 14 tahun menggantikan kakeknya yaitu raja Beopheung yang meninggal.
Karena Jinheung masih sangat muda, maka pada awal pemerintahan diperintah oleh Ratu Jisoo ibunya (putri Raja Boepheung).
sourch : Om Google

Nah, konfliknya di drama Hwarang itu sekitar Raja Jinheung yang disembunyikan oleh ratu Jisoo. Si Ratu sengaja menyembunyikan Jinheung karena khawatir akan dibunuh oleh pihak lain yang akan mengambil kekuasaan. 

Karena kekhawatiran Sang Ratu akan keselamatan puteranya, dan juga untuk menyelamatkan keturunan darah murni, maka dia membentuk pasukan Hwarang.
Hwarang adalah  prajurit yang dipilih untuk melindungi Raja dan Kerajaan.
Syarat untuk menjadi Hwarang haruslah tampan, berpenampilan menarik, pintar dan mempunyai keterampilan seni beladiri. Hwarang dilantik untuk menjadi prajurit handal yang dicintai rakyat dan disegani kerajaan lain.

Selain konflik kerajaan sebagai inti ceritanya, juga dibumbui kisah cinta segitiga yang mengharu biru.
Yang saya suka di drama ini, walaupun bertema Saeguk tapi unsur komedinya cukup kental dan benar-benar buat saya terhibur (Maklum saya sebenarnya pecinta drama romantis komedi).
Saya juga suka saat dimana para Hwarang berkumpul dan membuat kekonyolan disaat mereka bersama.


Okey, sekarang kita bahas dulu karakter utama di drama ini, Lets Check This Out...



Park Seo Joon berperan sebagai Moo Myeong yang merupakan Anak asuh dari petani miskin. 
Di juluki anjing burung karena memang liar seperti anjing dan bebas seperti burung. Dia sangat ditakuti oleh teman-teman sekampungnya. Satu-satunya teman yang selalu bersamanya adalah Mak Moon. 


Suatu hari mereka berdua berencana untuk pergi ke IbuKota. Mak Moon ingin bertemu keluarganya. Namun untuk mencari keluarganya tidaklah mudah, karena mereka merupakan golongan kaum petani.
Kaum Petani saat itu merupakan kasta paling rendah dan tidak boleh memasuki wilayah Ibu Kota. Jika kedapatan memasuki wilayah Ibu Kota, maka tak segan-segan akan langsung di hukum mati (peraturan yang aneh).

Tapi mereka bersih keras untuk kesana, padahal Mak Moon pun tidak mengenal wajah masing-masing keluarganya.
Mak Moon ditinggalkan Ayahnya saat masih kecil dan hanya kalung  kayu yang dipakainya untuk menjadi petunjuk bertemu keluarganya.

Mereka sampai dan berhasil ke Ibu Kota. Sesampainya disana, secara tidak sengaja Mak Moon melihat wajah sang Raja yang disembunyikan.
(pada saat itu, siapapun yang melihat wajah raja harus dibunuh).

Maka, akhirnya mereka berdua dibunuh oleh pengawal kerajaan, Hyun Chu.
Mak Moon akhirnya meninggal tetapi Mo Myeong selamat. Dia diselamatkan oleh Ahn Ji Gong ayah Mak Moon yang akhirnya mengetahui bahwa anaknya sedang mencarinya.

Dari sanalah, Moo Myeong berpura-pura menjadi Ahn Sun Woo (nama asli Mak Moon) atas permintaan Ahn Ji Gong dan berniat membalaskan dendam atas kematian sahabatnya.

Disini diceritakan Kalo Moo Myeong itu orang yang misterius, jarang senyum dan mengalami banyak kepedihan hidup.
Tapi ternyata dia adalah anak dari Hwi Kyung Kong, calon raja yang terbuang. 
Hwi Kyung Kong merupakan kakak Ratu Jisoo, dibuang oleh pihak kerajaan karena mengidap penyakit Polio.

Suatu hari Sun Woo (Moo Myeong, yang seterusnya saya panggil Sun Woo) membuat masalah, disaat ratu Jisoo sedang berkunjung, di tengah jalan tiba-tiba Sun Woo berteriak dan hendak membunuh Hyun Chu yang saat itu sedang mengawal ratu. Sang Ratu pun marah, namun Ahn Ji Gong datang dan memohon belas kasian Ratu. Ratu yang mengenal Ahn Ji Gong akhirnya urung membunuh Sun Woo tetapi mereka dipenjarakan atas tuduhan pemberontakan. Mereka akhirnya keluar dari hukuman dengan syarat Sun Woo harus menjadi Hwarang.


Park Hyung Sik berperan sebagai Sam Mek Jong, yang sebenarnya adalah seorang Raja yang disembunyikan Ratu. Dia hidup dalam pengasingan dan persembunyiannya bersama Pa-Oh yang merupakan Kasim sekaligus pengasuhnya yang selalu setia bersamanya. 

Saat mengetahui kalau ibunya akan membentuk pasukan Hwarang, dia secara sembunyi-sembunyi menyamar sebagai Ji-Dwi dan meminta pada Wi-Hwa untuk menjadi pasukan Hwarang.
Awal nya Wi-Hwa tidak meloloskan nya untuk menjadi Hwarang karena tidak jelas asal-usul keluarganya, yang dia sembunyikan
Tetapi karena mempunyai pandangan yang sama untuk mengubah Silla menjadi lebih baik, akhirnya Wi-Hwa meloloskannya untuk menjadi Hwarang dengan pura-pura menjadi keponakan Wi-Wha.

Sam Mek Jong, memang berkonflik dengan ibunya, Ratu Jisoo. Karena sang Ratu tidak mempercayakan kerajaan ditangannya. 
Ratu Jisoo selalu menganggap kalau Sam Mek Jong masih kecil, padahal Mek Jong merasa sudah siap untuk memimpin (ya iya lah orang dia udah bisa naksir cewe).


Go A Ra berperan sebagai Ahn A-Ro. dia merupakan setengah bangsawan, ayahnya Ahn Ji Gong yang seorang bangsawan harus terbuang karena menikahi ibunya yang merupakan kasta terendah.

Selain mengikuti jejak ayahnya menjadi tabib. Keahliannya adalah mendongeng dan bercerita tentang cerita cinta yang bahkan nyerempet-nyerempet ke kisah erotis.

Dia tidak mengetahui kematian kakaknya dan menganggap Sun Woo adalah kakak kandungnya yang selama ini hilang. 
A-Ro sangat bahagia dengan kehadiran kakaknya, walaupun menurutnya sedikit aneh dan kikuk, tapi kebersamaannya bersama Sun Woo membuatnya merasa nyaman dan dilindungi. Rasa nyaman itu perlahan-lahan berubah menjadi rasa cinta. 
Dia harus menahan perasaan tersebut, karena tidak mungkin mencintai oraboni-nya sendiri.
Sampai akhirnya semua terbongkar, dia yang pertama mengungkapkan perasaannya pada kakak jadi-jadiannya tersebut.




Disisi lain, A-Ro sangat disukai oleh Sam Mek Jong. Bahkan Mek Jong sudah berapa kali mengungkapkan perasaannya. Tetapi hati A-Ro hanya untuk oraboni Sun Woo tercinta.


Choi Min Ho berperan Sebagai Soo Ho yang merupakan anak dari pejabat tinggi kerajaan. Dia memang kurang pintar dalam hal pendidikan tetapi ahli dalam beladiri, khususnya bermain pedang.
Dikenal Playboy dan selalu menebar pesona. Hampir semua teman adiknya dipacarinya. Tetapi untungnya dia tidak memacari A-Ro, baginya A-Ro bukanlah type nya.

Soo Ho salah satu Hwarang yang tidak membeda-bedakan kasta, dia berteman dengan siapa saja. Bahkan dia berteman dengan Sun Woo yang orang lain menganggapnya tidak selevel karena keturunan setengah Bangsawan.

Dia selalu berseteru dengan Ban Ryu. Dimanapun dan Kapanpun jika mereka bertemu pasti adu mulut. Itu dikarenakan karena perbedaan politik ayah mereka masing-masing.


Nah ini sosok Ban Ryu yang cool dan misterius yang diperankan oleh Do Ji Han.  Sangat jarang sekali terlihat senyum, dia kaku dan sombong (pokoknya ngeselin deh) 
Ayah nya merupakan bangsawan biasa,  tetapi dia diangkat oleh keluarga Park, yang merupakan bangsawan kelas atas sehingga statusnya menjadi lebih kuat. Itu lah yang membuatnya semena-mena meremehkan orang lain. 

Hal yang membuatnya berubah adalah ketika dia jatuh cinta.  Parahnya dia jatuh cinta pada adiknya Soo Ho, Soo Yeon. Yang merupakan musuh bebuyutannya. 



Disini karakternya Abu-abu.  Dia harus mengikuti perintah sang ayah yang jahat dan ingin menghancurkan kerajaan. Tetapi disisi lain dia mulai berpikir dan akhirnya memberontak keinginan ayah nya tersebut. 


Jo Yoon Woo yang berperan sebagai Yeo Wool ini Hwarang yang hobi nya dandan dan paling santai.  Mulutnya memang sedikit tajam dan sangat menghindari konflik.  Walaupun awalnya dia tidak begitu suka dengan Sun Woo tetapi akhirnya mereka bisa berteman dan saling mendukung. 

Dekat sekali dengan Han Sung yang merupakan Maknae di Hwarang.  Makanya ga salah kalau dia menjadi Hwarang yang paling terpukul saat kepergian Han Sung

Dia jarang sekali diceritakan,  tapi rasanya Hwarang kurang pas kalo gag ada dia.



Nah ini Han Sung, Maknae di Hwarang paling ganteng. Sosoknya yang ceria dan konyol disayangi sunbae-sunbae nya di Hwarang.  Terlebih Yeo Wool yang selalu disampingnya. 
Dia sebenarnya tidak tertarik menjadi Hwarang.
Tetapi demi kakek dan kakaknya dia rela menghabiskan waktunya menjadi prajurit Hwarang. 
Apalagi disaat pelajaran beladiri,  dia selalu absen dan sembunyi di lemari karena itu pelajaran yang tidak disukainya. 

Sun Woo adalah sosok yang di kaguminya. Bahkan dia rela mati demi Sun Woo. 



Tanpa Han Sung Hwarang bagai sayur tanpa garam..  hambar boooo.


Dia magnet di drama ini. 

Sama seperti Baekhyun di Scarlet,  V BTS di drama ini menjadi pelengkap yang manis.
Walaupun karakternya harus mati duluan tapi perannya berhasil meraih simpati dan acungan jempol. 

Kenapa musti nonton drama ini? 

Walaupun di Korea sana ratingnya mengecewakan, tapi tidak buat saya. 
Saya suka drama ini,  saya suka cerita dan unsur komedi didalamnya, jadi ga serius-serius banget. 



Persahabatan sesama anggota Hwarang jadi daya pikat tersendiri di drama ini
Bromance antara Ban Ryu dan Soo Ho yang benci-benci tapi rindu bikin saya senyum-senyum sendiri. 
Oh iya,  selain kisah cinta tokoh utamanya, justru saya suka dengan chemistry Ban Ryu dan Soo Yeon.  Kisah cinta Romeo Juliet versi Hwarang ini meningatkan saya dengan kisah Baek-Ah dan Putri Woo-Hee di Versi Scarlet. 

Debut pertama V main drama.
Disisi lain dramanya yang menuai kritikan,  justru V mendapat pujian dengan aktingnya yang bagus.
Dia memerankan tokoh Han Sung yang menurutnya tidak jauh berbeda dengan karakter aslinya. 



Terus,  apa sih yang kurang dari drama ini? 

Kurang chemistry yang dibangun oleh masing-masing pemeran utama.
Park Seo Joon rasanya ga klik ajah disandingkan dengan Go A Ra.  Begitu juga Park Hyung Sik - Go A Ra. Bukan karena apa kata netizen yaa..  tapi memang terlihat seperti itu.

***








Okey, I give score 8.5/10
Drama ini memberikan pelajaran tentang pengorbanan dan lakukanlah jika dirasa itu benar.

Very Satisfaction



Annyeong

14 komentar:

  1. Iya...saya setuju soal park seo jun dan park hyung sik disandingkan dengan Go ara...nggak ada kliknya sama sekali...Chemistrinya kurang...tapi saya suka unsur comedi di drama ini...ringan dan sangat menghibur...terutama carakter Hansung ( V BTS )😁😁😁😁😁

    BalasHapus
  2. V mirip banget sama Baekhyun ya πŸ˜…

    BalasHapus
  3. Kalau menurut aku ada beberapa hal yang bikin tertarikmlihat drama ini aku suka park Hyung Sik memerankan raja dia bisa kelihatan berwibawa sebagai raja muda

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaa betul bgt park hyung sik keliatan bgt aura rajanya disini

      Hapus
  4. Trus aku suka adegan dimana dia harus merasa kesepian, cinta yang gak kesampean dan masih banyak lagi jujur aku kasihan lihat k hidupan jinheung muda ini

    BalasHapus
  5. Plg suka adegan soo ho yg patah hati sm ibu suri...deep skali prasaan dia sm orang yg dia kagumi

    BalasHapus
  6. go a Ra, mati langkah gaya dalam drama ini, dia bingung waktu harus ada adegan cinta, karena mungkin dia masuk ke naskahnya setengah2, jadi cuma karakter komedinya yg keluar. padahal psj actingnya bagus, cuma wajah polos yang di perlihat go Ara menghancurkannya, entah itu karena grogi karena pemainnya cakep semua. terlepas dari itu go Ara gak salah kok, sutradaranya kurang mengarahkan apalagi adegan terakhir sebagai penutup harusnya lebih mesra lagi, mungkin sutradaranya kurang paham tentang masalah cinta,jadi dia kurang memberi perhatian pada scene itu😁
    tapi semua itu gak masalah menurut aku naskah bagus ,dan komplet karena semuanya terungkap dan tujuan dari naskah dr awal sampai akhir fokus pada raja yang ingin naik tahta dan gae sae yang mencari wajah raja buat balas dendam. dan aku suka kisah hwarang ini, mungkin netizen disana cuma melihat dan mementingkan kemistri aja tanpa melihat tema dan tujuan naskah, serta alur nya.

    BalasHapus
  7. Saya cuma nonton sampe v kena pedang sedih banget pas adegan itu

    BalasHapus
  8. iya bener bgt kalo yeo wool jarang muncul, padahal suka banget sama karakternya dia yang nyantai tpi juga lucu..

    BalasHapus
  9. Hwarang --> Belajar sejarah, diambil positifnya:-D

    BalasHapus
  10. Apakah Han sung dan yeo wool gay? Maap jgn tersinggung cmn nnya doang

    BalasHapus
  11. Kenapa harus han sung yang meninggal duluan huhuhu sedih

    BalasHapus

10 Idol Kpop yang Sukses Jadi Aktor Versi Tuan Puteri

Selama ini drama korea makin digilai dimana-mana, khususnya oleh kaum hawa.  Faktor utama yang menjadi magnet mengapa kita suka drama terseb...