Senin, 14 Agustus 2017

Kupas Tuntas K-drama "The Moon That Embraces The Sun"


Annyeong....

Sebetulnya drama ini sudah cukup lama dan begitu populer hingga meraih rating tertinggi di tahun 2012.
Saya pun sudah lama menonton drama ini.
Tapi drama ini masih melekat dalam ingatan, karena cerita cinta nya yang begitu menyentuh layak nya film-film fenomenal seperti kisah cinta Romeo dan Juliet atau kisah Rangga dan Cinta..hehehe (ngelantur)

Seperti yang terlihat, The Moon That Embraces The Sun merupakan drama Saeguk di masa dinasty Joseon. 
Bila kita melihat sejarah Joseon pada masa pemerintahan Raja Heonjong, Raja ke 24 Joseon, ceritanya hampir menyamai drama ini.
Dimana sang Raja yang saat itu masih menjadi Putera Mahkota, bersikeras memilih pasangan nya sendiri. Tetapi keinginannya ditentang oleh keluarga kerajaan.
Karena lebih memilih calon lain, maka sang Raja diam-diam menyembunyikan wanita yang dicintainya di dalam istana.



Okay, back to Drama..
Untuk pemeran utama yaitu sang Raja Lee Hwon di perankan oleh aktor tampan kesayangan saya, KIM SOO HYUN
dan ketika masih menjadi Putera Mahkota diperankan oleh YEO JIN GOO 


Ketika menjadi Putera Mahkota, Hwon jatuh cinta pandangan pertama pada Heo Yeon Woo yang merupakan anak menteri Kerajaan.
Saat pemilihan Puteri Mahkota, ibu Suri menentang Yeon Woo untuk menjadi Puteri Mahkota, tetapi dengan berbagai cara Lee Hwon memenangkannya dan menjadi kan Yeon Woo Puteri Mahkota.


Heo Yeon Woo merupakan gadis yang cantik dan pintar. Dia sangat bahagia karena dikelilingi oleh orang-orang yang menyayangi nya begitu pun Hwon yang sangat mencintainya.
Akan tetapi kebahagiaan itu tidak bertahan lama, Yeon Woo tiba-tiba terjangkit penyakit aneh yang mengharuskannya dikeluarkan dari istana. Tidak lama berselang dikabarkan meninggal dunia.
Hal itu membuat Hwon sangat bersedih.
Sampai saat dia menjadi Raja, Hwon menjadi sosok yang dingin dan sakit-sakitan. Hal itu dia lakukan agar tidak sedikitpun menyentuh Ratu pilihan ibu suri, karena cintanya masih utuh terhadap Yeon Woo.


Sementara itu disisi lain ada Pangeran Yang Myung yang merupakan kakak dari Lee Hwon. Pangeran lahir dari seorang selir sehingga tidak dijadikannya Putera Mahkota.
Yang Myung tinggal diluar Istana, dan bersahabat dengan Heo Yeom, yang merupakan kakak dari Yeon Woo.
Pengeran Yang Myung diam-diam mencintai Yeon Woo, dia jatuh cinta pada Yeon Woo jauh sebelum Hwon mengenal Yeon Woo, dan dia begitu terpukul saat mengetahui  Yeon Woo menjadi Puteri Mahkota, karena sebelumnya dia menghadap sang ayah, Raja Seong Jo serta mengutarakan hatinya dan meminta meminang Yeon Woo untuknya.


Saat Yeon Woo dikabarkan meninggal, posisi puteri mahkota digantikan oleh Yoon Bo Kyung. Dia lahir dari keluarga yang mempunyai posisi penting di Istana dan merupakan kerabat dekat ibu suri.

Yoon Bo Kyung sebenarnya mengetahui kejahatan ayahnya dan ibu suri yang menyingkirkan Heo Yeon Woo sampai mengakibatkan Yeon Woo meninggal dunia. Dia menutup rapat-rapat kisah tersebut guna ambisinya menjadi ratu yang mendampingi Lee Hwon karena kecintaannya pada Lee Hwon.


Begitupun dengan sang adik raja, putri Min Hwa yang mengetahui kejahatan ibu Suri.
Dia justru yang membantu melakukan ritual persembahan dan menjadikannya Yeon Woo meninggal.
Hal itu dia lakukan karena ingin memiliki Heo Yeom kakak Yeon Wool. Karena menurut kerajaan, sang putri tidak bisa menikahi kakak Puteri Mahkota.


Saat mengetahui kematian Adiknya, Heo Yeom sangat terpukul, disamping itu dia dan keluarganya harus diasingkan karena dituduh telah melakukan kebohongan besar dengan mengijinkan adiknya yang mempunyai penyakit menikah dengan Putra Mahkota.


Cara mengangkat kembali status dan derajatnya, satu-satu nya jalan adalah Yeom harus mau menerima pinangan dan menikah dengan Putri Min Hwa dan menjadikan dia Uibin (menantu raja).

catatan saja, menjadi Uibin berarti tidak bisa berkecimpung didunia politik atau memegang kursi pemerintahan.

Padahal saat itu, selain dia tampan Yeom merupakan sosok yang pintar dan merupakan lulusan terbaik dari Sungkyunkwan. Dia mempunyai cita-cita untuk menjadi pejabat pemerintahan seperti ayahnya, diapun yang menjadi Guru Hwon, mengajarinya Sastra. Karena hal ini, dia harus mengubur semua keinginannya.


Okay, lanjut ke cerita intinya yaa..
Kematian Yeon Woo ternyata atas permintaan Ibu Suri dengan menggunakan kekuatan hitam Seorang Shaman. Dialah Shaman Jang Nok Young. 


Shaman Jang adalah sahabat Shaman Ah Ri yang meninggal karena mengetahui kebenaran pembunuhan Pengeran Uisung yang dibunuh oleh  Yoon Dae Hyun (Ayah dari Yoon Bo Kyung). 

Sekedar info saja, Saat itu ibu Suri merasa terancam dengan pangeran Uisung, yang merupakan adik tiri Raja Seong Jo. Padahal keduanya, pangeran Uisung dan raja mempunyai hubungan yang baik. Ibu Suri tidak menginginkan ada 2 matahari dalam kerajaan, maka dari itu matahari satunya harus dilenyapkan. Pangeran Uisung dianggap sebagai matahari kedua.

Saat Ah Ri kabur karena di kejar oleh pasukan Yoon Dae Hyun, dia terjatuh kemudian ditemukan dan diselamatkan oleh Lady Shin yang saat itu sedang hamil tua.

Setelah dirasa aman, Ah Ri meninggalkan Lady Shin dan mengucapkan terimakasih. Dia yang bisa mengetahui keadaan masa depan meramalkan bahwa anak yang di kandung Lady Shin seorang perempuan, yaitu Heo Yeon Woo.

Saat detik-detik kematiannya dia meminta pada Shaman Jang untuk melindungi Yeon Woo dan Istana Bintang.


Demi mempertahankan Istana Bintang Shaman Jang mengabulkan permohonan Ibu Suri untuk membunuh Yeon Woo, tetapi demi kesetiaannya pada Ah Ri, dia jugalah yang menyelamatkan Yeon Woo dari kematiannya.
Saat Yeon Woo terkubur, dia yang membuka kuburan Yeon Woo dan Yeon Woo kembali hidup tetapi dia lupa akan ingatannya.

Shaman Jang meninggalkan istana dan hidup di daerah yang jauh dari istana bersama Yeon Woo, Seul dan Janshil.


Delapan tahun berlalu, secara tidak sengaja Yeon Woo bertemu dengan Raja.
Sang Raja yang melihatnya langsung terpana dan mengingatkan dia pada Yeon Woo. Yeon Woo yang saat itu hilang ingatan, dan tidak mengingat namanya akhirnya diberi nama Wool oleh sang raja yang artinya Bulan.

Saat Ibu Suri menginginkan Shaman Jang kembali ke Istana, Shaman Jang menolak sehingga secara diam-diam pasukan istana menculik salah satu anak asuh Shaman Jang. Dialah Yeon Woo.

Yeon Woo akhirnya memasuki Istana dan menjadi tahanan. Dia ditugaskan menjadi jimat sang raja untuk menyerap roh roh jahat dan pengaruh negatif yang mengelilingi sang raja.
Merekapun di pertemukan kembali







Hari demi hari Yeon Woo membuat Raja menjadi ceria kembali. Entah kenapa sang raja pun merasa jika dia adalah Yeon Woo yang hilang. 

***

Drama ini selain mengisahkan cinta yang dramatis, juga mengisahkan kesetiaan, pengorbanan, bahkan ambisi dan keserakahan.

Kesetiaan Pangeran Yang Myung pada Adiknya Raja Lee Hwon yang menggagalkan aksi Kudeta untuk menggulingkan Raja.
Juga pengorbanannya yang rela mengalah dan menyerah pada cinta nya karena Yeon Woo yang lebih mencintai Lee Hwon. 

Pengorbanan pun ditunjukkan Heo Yeom saat dia akhirnya menerima pinangan Putri Min Hwa untuk menyelamatkan dan mengembalikan derajat keluarganya saat diasingkan.

Sedangkan Yoon Bo Kyung, lebih baik memilih bunuh diri dengan status menjadi Ratu daripada harus menerima penghinaan dan diasingkan.

Putri Min Hwa yang akhirnya menerima hukuman karena telah membantu melakukan pembunuhan dan menyembunyikan kenyataan sebenarnya.
Dia dipisahkan dari suami dan anaknya serta diasingkan bertahun-tahun menjadi budak.

Ibu Suri yang akhirnya harus mati di tangan kemenakan tersayang nya Yoon Dae Hyun. Dan Yoon Dae Hyun pun mati ditangan Raja saat terjadi Kudeta.

Ini benar-benar melodrama yang membuat saya menghabiskan banyak tissue pas nonton. Apalagi saat melihat Yang Myung meninggal tragis, sumpahnya saya ga ridhooooo... kenapa kisah cinta ini begitu banyak memakan korban sih?





***

Drama ini benar-benar luar biasa, terlebih pemainnya yang total dalam memerankan tokohnya masing-masing. Dari tokoh sentral sampai tokoh pembantu semua mendapat porsi dan peran yang maksimal.

Saya tidak heran kenapa Kim Soo Hyun menjadi aktor papan atas korea dengan bayaran termahal, karena aktingnya disini luar biasa. Dia sanggup memerankan Tokoh raja yang keras kepala yang mempunyai kegalauan tingkat tinggi karena cintanya yang hilang..hahaha..

Saat Kim Soo Hyun mendapat peran menjadi raja, banyak yang meragukannya. Dinilainya dia terlalu muda jika disandingkan dengan Han Ga In. Tapi semua bisa di tepis.. Kim Soo Hyun yang mempunyai Suara berat sangat cocok menjadi sosok raja Heonjong.



Han Ga In berakting memukau.. drama inilah yang mengangkatnya menjadi lebih terkenal.

Walaupun usianya jauh lebih tua dari Soo Hyun, tetapi dengan face nya yang imut-imut sama sekali tidak kentara.









"Percayalah sesuatu yang memang ditakdirkan untukmu akan tetap menjadi milikmu, Jika dia memang ditakdirkan menjadi jodohmu maka sejauh apapun jaraknya denganmu akan didekatkan, sebanyak apapun halangan akan dimudahkan."

Begitulah kira-kira pesan yang disampaikan oleh drama ini..


I give score 10/10 Perfect

Mmuuaacchhhh....

3 komentar:

  1. Mau download lagi full episode nya, ada rekomendasi link ga? ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://dramakoreaindo.com/drama-korea-the-moon-that-embraces-the-sun-subtitle-indonesia/

      Hapus
  2. Baru nonton episode 3, kok kayaknya nyebelin ya...? ๐Ÿ˜…
    Tp setelah baca blog ini lalu memutuskan untuk lanjut๐Ÿ˜†

    BalasHapus

10 Idol Kpop yang Sukses Jadi Aktor Versi Tuan Puteri

Selama ini drama korea makin digilai dimana-mana, khususnya oleh kaum hawa.  Faktor utama yang menjadi magnet mengapa kita suka drama terseb...